Menghindari 3 Jenis Kecelakaan Mobil yang Paling Umum

Kecelakaan Mobil

Menghindari 3 Jenis Kecelakaan Mobil yang Paling Umum : Suatu saat Anda menikmati perjalanan di mobil Anda, dan saat berikutnya Anda menyentak ke depan dengan wajah membentur airbag setelah menabrak kendaraan di depan Anda. Kecelakaan mobil terjadi dalam hitungan detik dan dapat menyebabkan kerusakan emosional dan fisik yang berkepanjangan.

Meskipun tidak ada formula untuk 100% menghindari semua mobil, masih ada beberapa tips yang bisa kita ikuti untuk mengurangi kemungkinannya.

Di sini kami menyajikan kepada Anda daftar tiga jenis kecelakaan mobil yang paling umum dan langkah-langkah yang dapat Anda ambil untuk mencegahnya.

1. Tabrakan dari belakang

Apakah mereka?

Tabrakan dari belakang adalah salah satu jenis kecelakaan paling umum di Australia. Kecelakaan ini terjadi ketika kendaraan yang tidak bergerak ditabrak oleh mobil lain yang melaju dengan kecepatan tinggi.
Tingkat keparahan dapat berbeda tergantung pada kecepatan tabrakan kendaraan dan dapat menyebabkan kerusakan permanen pada penumpang dan pengemudi di kedua mobil. Penyebab umum dari kecelakaan ini adalah tailgating, lalai mengemudi, berhenti panik, kesalahan mekanis, dll.

Bagaimana kecelakaan ini bisa dihindari?
Ini adalah beberapa kecelakaan yang paling mudah untuk dihindari. Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda ikuti untuk menghindari kecelakaan tersebut:

Jaga jarak saat berkendara

Saat berkendara, sebaiknya menjaga jarak kurang lebih 2 meter dari mobil di depan. Ini terutama diperlukan untuk kondisi cuaca buruk ketika mobil berhenti tiba-tiba karena kurangnya visibilitas, penyeberangan pejalan kaki, pemutus kecepatan, dll.

Berkendara secara strategis tergantung pada situasinya

Terkadang ada situasi, terutama dalam kemacetan lalu lintas, di mana Anda harus berhenti tiba-tiba; dalam kasus seperti itu, pastikan kecepatan dalam batas sehingga meskipun harus berhenti mendadak, kendaraan di belakang bisa siap.

Tetap fokus saat mengemudi

Mengemudi adalah aktivitas berisiko tinggi; oleh karena itu, penting untuk memberikan perhatian penuh pada tugas yang ada dan tetap fokus pada jalan. Selain itu, pengemudi harus menghindari aktivitas seperti menelepon, mengirim SMS, atau makan selama di jalan.

Jangan mengemudi di bawah pengaruh

Apakah Anda mengantuk, minum obat tertentu, atau minum terlalu banyak alkohol, dalam kasus ini, yang terbaik adalah memanggil taksi dan menghindari mengemudi sama sekali.

2. Kerusakan Mobil yang Diparkir

Apakah mereka?
Kerusakan mobil yang diparkir adalah salah satu kecelakaan yang terjadi ketika mobil lain menabrak kendaraan yang diparkir. Anehnya kerusakan ini bukan disebabkan oleh kelalaian pemilik mobil yang diparkir tetapi dapat mengakibatkan perbaikan yang mahal.

Bagaimana kecelakaan ini bisa dihindari?
Jadi, apakah Anda meninggalkan mobil Anda di tempat parkir atau di jalan, berikut adalah beberapa panduan yang dapat Anda gunakan untuk menyelamatkan mobil Anda dari jenis kecelakaan ini.

Parkir di lokasi yang strategis

Pilih tempat parkir yang jauh dari lalu lintas padat. Daripada memilih tempat yang ramai untuk memarkir mobil Anda, cobalah mencari tempat yang jauh dari keramaian dan parkir mobil Anda di sana. Kiat pro: hindari parkir di dekat persimpangan, jalan masuk, atau belokan sempit.

Parkir tepat di antara garis parkir

Ini akan memberikan bantalan untuk kendaraan Anda dari kedua sisi dan akan mengurangi kemungkinan ditabrak mobil lain saat diparkir.

Jika Anda memiliki garasi, parkirlah di sana

Tempat teraman di mana Anda bisa menjadi garasi Anda; itu jauh dari jalan utama dan diamankan oleh pintu untuk menghindari kecelakaan seperti itu.

3. Kecelakaan Kendaraan Tunggal

Apakah mereka?
Kecelakaan kendaraan tunggal adalah kecelakaan yang melibatkan hanya satu kendaraan. Beberapa contoh dapat berupa kendaraan yang keluar dari jalan, menabrak benda tidak bergerak seperti tiang atau pagar pembatas, atau terbalik.

Bagaimana kecelakaan ini bisa dihindari?
Kecelakaan ini disebabkan terutama karena kehilangan kendali saat ngebut, dan oleh karena itu dapat dihindari dengan mudah dengan tips berikut:

Berkendara ke kanan sesuai cuaca

Cuaca yang berbeda dapat membuat mengemudi lebih berisiko. Oleh karena itu penting untuk memastikan kendaraan Anda dilengkapi dengan benar untuk menghadapinya. Jadi pastikan Anda memiliki ban yang tepat untuk jalan, kendaraan Anda terawat dengan baik, memiliki wiper kaca depan yang berfungsi, dll.

Selalu fokus pada jalan

Hanya karena Anda mengemudi di jalan yang kosong tidak berarti Anda dapat terganggu di telepon. Seorang pengemudi harus memiliki semua perhatiannya di jalan untuk menghindari perubahan mendadak.

Pengemudi di bawah batas kecepatan

Mengebut telah dikaitkan dengan sepertiga dari semua kecelakaan kendaraan bermotor yang fatal. Oleh karena itu meskipun tidak ada orang di sekitar, mengemudi di bawah batas kecepatan dapat menyelamatkan banyak nyawa.

Memang benar bahwa terkadang tidak peduli seberapa hati-hati kita, kecelakaan masih bisa terjadi. Tetapi dengan mengingat tips yang disebutkan di atas, Anda dapat menjadi lebih sadar akan kekurangan Anda, yang akan membantu Anda mengembangkan gaya mengemudi yang lebih baik. Sehingga, mengurangi kemungkinan terjadinya kecelakaan lalu lintas di kemudian hari.